inilah.id

Anies Baswedan Bicara Ketimpangan Indonesia saat Rakernas Apeksi di Makassar

Anies saat Rakernas Apeksi di Makassar

Makassar, Inilah.ID – Bakal Calon Presiden (Bacapres) 2024 usungan partai Nasdem, Anies Baswedan menghadiri diskusi gagasan dalam Rakernas APEKSI pada Kamis (13/7/2023) siang. Seperti yang berlangsung di gedung upperhils, jalan metro tanjung bunga Makassar.

Dalam paparannya, menunjukkan potret wilayah Indonesia di malam hari dalam sebuah layar.

“Ini potret Indonesia di malam hari. Ketika lihat kota-kota di Indonesia, beginilah wajah ketimpangan yang ada,” ujarnya.

Dalam pemaparannya, menyebutkan kota-kota di Jawa terlihat terang dibanding kota lain di luar pulau Jawa. Hal ini dianggap sebagai ketimpangan.

“Ketika kita lihat kota kota ini, di Jawa pailng terangnya itu Jakarta, Surabaya, begitu masuk Sumatera titik-titik kecil, Kalimantan titik-titik kecil. Ini yang lebih ramai itu di Serawak, ini di Malaysia,” jelasnya.

Anies kemudian dibandingkan dengan kondisi negara Korea dan India. Dimana cahaya terang hampir merata dihampir seluruh wilayahnya.

“Sampai di kawasan Timur, gelap. Saya tidak menggunakan statistik, nggak pakai statistik nih, pakai ilustrasi ini aja, listrik yang nyala di malam hari. Dari situ terlihat ketimpangan yang luar biasa,” sambungnya.

Untuk diketahui, acara Apeksi yang digelar di Kota Makassar ini menghadirkan tiga bacapres yang masing-masing memberikan gagasan. Selain Anies, ada juga bacapres PDIP Ganjar Pranowo dan bacapres Gerindra Prabowo Subianto yang akan menyampaikan gagasan secara bergiliran. Ganjar mendapatkan kesempatan pertama sebelum Anies.

Sebelumnya Anies Baswedan disambut sholawat badar saat tiba bandara Sultan Hasanuddin Makassar

Dia mengenakan kemeja batik serta peci hitam dan terlihat juga menyalami relawan dan masyarakat yang hadir. Pengurus dan kader tiga partai Koalisi Perubahan untuk Persatuan ikut menyambut.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru