inilah.id

Balitbangda Makassar Gelar Rapat ICP, Bukti: Penelitian Wajib Hasilkan Rekomendasi

Rapat ICP di ruang Labinov Makassar

Makassar, Inilah.ID – Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Balitbangda) Kota Makassar ingin penelitian bukan sekadar menunjukan hasil. Namun, dari hasil diharuskan melahirkan rekomendasi khusus.

Hal tersebut ditegaskan Kepala Balitbangda Kota Makassar, Andi Bukti Djufrie saat memimpin rapat Idea Concept Paper (ICP) penelitian di Ruang Laboratorium Inovasi (Labinov), Jumat (14/4/2024).

Agenda pemaparan ICP ini memuat beberapa fokus penelitian. Yakni Lingkungan Hidup, Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Aspek-aspek Sosial.

Adapun poin penting yang diharuskan itu, yakni rekomendasi yang dihasilkan dalam setiap penelitian diwajibkan memuat gambaran konsep pola dan model. Dimana desainnya dapat diproduksi dan atau diaplikasikan langsung oleh Pemerintah Kota Makassar.

Lalu, proposal, laporan kemajuan, laporan hasil dan PPT dikirim ke Balitbangda paling lambat dua hari sebelum pelaksanaan kegiatan seminar.

Kemudian hasil Penelitian yang telah direvisi dikumpulkan paling lambat seminggu setelah seminar hasil.

“Intinya poin pentingnya semua penelitian harus menghasilkan rekomendasi seperti yang terperinci di atas,” ujar Andi Bukti Djufrie, Sabtu (15/4)

Pria yang akrab disapa Bang Yos itu menyampaikan penegasan tentang rekomendasi itu dikeluarkan karena tahapan penelitian sudah mulai berjalan. Tahapan penelitian di Balitbangda Kota Makassar mulai berjalan sejak Minggu kedua April 2023 ini. Tahapan penjelasan Ide Concept Paper (ICP) yang pertema berjalan.

Seminar proposal dijadwalkan minggu pertama Mei. Kemudian, seminar laporan kemajuan pada minggu pertama Juli.

Seminar hasil itu pada minggu pertama September. Pengumpulan hasil akhir minggu ketiga September.

Untuk pedoman penulisannya, yaitu menggunakan huruf arial, 11 dengan ketentuan spasi 1.5. Proposal minimal 20 halaman, dan laporan penelitian minimal 100 halaman.

Cover proposal penelitian berisi tema penelitian, judul penelitian, lambang Kota Makassar dan lembaga penelitian, tim peneliti, nama perguruan tinggi atau lembaga penelitian.

Dalam penelitian, harus memuat abstrak atau summary maksimal 250 kata. Teknik penulisan referensi menggunakan mendeley.

Penulisan daftar pustaka, sesuai dengan APA style (American Psychological Association).

Hasil penelitian dipublikasikan minimal di Jurnal Nasional terkareditasi Sinta 3. Proposal atau Laporan Penelitian beserta PPT dikirim k e-mail: penelitian2litbangmks@gmail.com.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru