inilah.id

BKPSDM Umumkan ke Publik Kinerja Pegawai Makassar Lewat Aplikasi Bipang

Akhmad Namsum, Kepala BKPSDM Makassar

Makassar, Inilah.ID – Kinerja pegawai pemerintahan di Makassar bakal diumumkan ke publik melalui aplikasi bernama Bipang.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM), Akhmad Namsum mengatakan, Bipang merupakan inovasinya dan akan diluncurkan pada akhir Februari ini.

“Kami akan luncurkan aplikasi database aparatur, berarti data ASN dan non ASN,” ujarnya, Senin (27/2/2023).

Dia menjelaskan, aplikasi tersebut dibuat untuk memuat seluruh database aparatur. Fungsi lainnya yaitu sarana atau alat untuk mengumumkan kinerja pegawai ke publik.

Dalam artian, secara berurut yaitu 10 terbaik dan terburuk. Baik untuk kategori ASN maupun pegawai laskar pelangi.

“Kami akan melahirkan terbaik dan terburuk aparatur, karena ada terbaik diberikan reward setiap bulannya dan terburuk,” jelasnya.

Namsum menambahkan kriteria penilaian seperti kehadiran, kinerja dan penilaian pimpinan. Ini dari sisi perilaku, sikap dan moralnya.

“Kalau non PNS tidak menginput kinerja itu kehadiran dan penilaian pimpinan. Maksud aplikasi Bipang tersebut diciptakan untuk mengetahui siapa ASN yang terbaik dan ASN yang terburuk, siapa non ASN terbaik dan non ASN terburuk begitu pula siapa Laskar Pelangi terbaik dan terburuk,” tambahnya.

Pegawai dengan rapor terbaik akan diberikan penghargaan. Sedangkan yang kinerja buruk, diberikan sanksi secara berjenjang mulai dari teguran.

“Kalau non ASN itu sanksinya bisa sampai pemecatan. Kalau PNS kan ada aturannya,” tegasnya.

Melalui aplikasi tersebut, Akhmad Namsum mengajak pegawai untuk meningkatkan semangat bekerja dan meraih prestasi. Terutama dalam memberikan pelayanan ke masyarakat.

“Keluhan banyaknya layanan aparatur, itu tidak bisa bergerak cepat. Motto kami itu pekerjaan hari ini selesaikan hari ini, itu dalam satu hari. Itu supaya memuaskan supaya permohonan masuk,” tutupnya.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru