inilah.id

BMKG Sulsel Keluarkan Peringatan Dini, Waspada Cuaca Ekstrem Hingga 17 April 2023

BMKG kantor di Makassar

Makassar, Inilah.ID – Badan, Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengeluarkan peringatan dini mengenai potensi cuaca hingga 17 April 2023.

Dalam prospek cuaca sepekan ke depan yang dipublikasikan melalui postingan resmi akun BMKG Sulsel di sosial media. Dimana menyebutkan, beberapa wilayah yang berpotensi hujan sedang hingga lebat.

Hal ini diprediksi terjadi pada periode 11 sampai 17 April 2023 mendatang.

“Hujan lebat disertai kilat/petir dan angin kencang, berlaku 24 jam,” seperti dalam keterangan yang diterima pada Senin (10/4/2023).

Wilayah yang terdampak cuaca ekstrem hampir seluruh wilayah di Sulsel. Diantaranya Luwu Timur, Luwu Utara, Palopo, Luwu, Toraja Utara, Toraja, Enrekang, Pinrang, Pare-Pare, Jeneponto dan Takalar.

Kemudian Sidrap, Sinjai, Bulukumba, Selayar, Bantaeng, Barru, Pangkep, Maros, Makassar dan Kabupaten Gowa.

BMKG memperingatkan agar tetap waspada terhadap potensi cuaca ekstrem. Seperti angin kencang dan dampak yang dapat ditimbulkan seperti banjir.

Sementara Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Makassar, Achmad Hendra Hakamuddin memberi penjelasan saat dikonfirmasi secara terpisah. Dia mengatakan peringatan dini BMKG telah ditindaklanjuti dengan meminta masyarakat untuk waspada, terutama di wilayah rawan potensi banjir.

“Karena terdapat potensi angin kencang maka masyarakat dihimbau waspada tehadap dampaknya seperti pohon tumbang, kerusakan rumah dan bangunan,” katanya dalam pesan whats up.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru