inilah.id

Coto Makassar Mendunia di Panggung Lomba dan Demo Masak MNEK 2023

Fatmawati Rusdi lihat lomba masak di pantai losari

Makassar, Inilah.ID – Wakil Wali Kota Makassar, Fatmawati Rusdi melihat secara langsung lomba dan demo masak di area Anjungan Pantai Losari, Rabu (7/06/2023).

Kegiaran ini diikuti 11 Delegasi MNEK 2023. Diantaranya berasal dari India, Malaysia, Vietnam, Filipina, Korea Selatan, Rusia, China, Kamboja, Pakistan, dan Italia.

Para peserta perwakilan delegasi ini memasak coto dan makanan khas dari daerahnya masing-masing.

Fatma bersama jajaran petinggi Danlantamal VI Makassar mengunjungi setiap booth dan mencicipi menu-menu yang tersedia.

Seperti saat mengunjungi booth delegasi MNEK dari India, Fatmawati mencicipi Jalebi. Cemilan khas orang India yang terbuat dari campuran adonan tepung dan gula cair yang digoreng.

Selanjutnya, ia mencicipi Mango Graham dari Filipina dan nasi kuning dari Malaysia.

Ia juga nampak lahap mencicipi sejenis salad salmon segar yang dibungkus dengan kulit lumpia.

“Semua punya ciri khas masing-masing. Semuanya enak, apalagi desert Mango Graham es krimnya nyatu dengan bolu dan mangganya,” puji Fatmawati.

Ia juga mengapresiasi para delegasi MNEK tersebut yang sangat telaten memasukkan bumbu-bumbu Coto Makassar yang dibuatnya.

“Padahal baru pertama kali mereka membuat Coto Makassar namun kelihatan sangat ahli. Saya senang karena Coto Makassar mendunia,” ungkapnya.

Usai mencicipi, Fatmawati kembali ke area panggung untuk mendengarkan hasil dari penilaian juri untuk menentukan siapa juara dari lomba masak MNEK 2023.

Italia keluar sebagai juara pertama dengan menu sajiannya lasagna spesial yang dipenuhi dengan isian daging dan ditutup dengan keju mozarella yang tebal.

Juara ke dua jatuh ke tangan delegasi Malaysia dengan menu khasnya nasi kuning, kwetiau. Juara ke tiga jatuh ke tim AL China.

Fatmawati pun naik menyerahkan hadiah dan cenderamata kepada para juara dan ditutup dengan foto bersama.

Kegiatan ini juga diramaikan dengan 50 stand UMKM binaan Dekranasda, Dinas Koperasi Makassar. 50 pelaku UMKM ini menjual berbagai jenis makanan dan kerajinan tangan yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru