inilah.id

CSR Kalla Transport & Logistics: Safety Driving, Karyawan Mengajar dan Ini

Program CSR Kalla Transport & Logistics

Makassar, Inilah.IDKalla Transport & Logistics memiliki sejumlah program Corporate Social Responsibility (CSR) yang berjalan selama Desember 2022.

Mulai dari sosialisasi safety driving, Kalla Translog Mengajar hingga pengelolaan limbah. Selain di Makassar, program ini juga terlaksana di Balikpapan.

Seluruh program CSR dijalankan bersama Yayasan Hadji Kalla (YHK). Dalan melaksanakan sosialisasi safety driving, Kalla Tranpsort & Logistics menggandeng Ditlantas Polda Sulsel. Sebanyak 40 peserta telah mengikuti program tersebut di Kantor Kalla Logistics, Jl. Perintis Kemerdekaan Km. 16, Senin (26/12/2022).

“Sosialisasi safety driving diperuntukkan bagi para driver yang bekerja di Kalla Transport & Logistics. Selama ini, kami selalu mengingatkan para driver untuk mengutamakan keselamatan berkendara saat bertugas. Untuk lebih memperluas lagi pengetahuan mereka, kami menggandeng kepolisian secara langsung untuk memberi edukasi,” jelas Fiilky Dwi Sakti, Marketing General Manager Kalla Transport & Logistics.

Materi yang diberikan, mulai dari kesiapan laik jalan kendaraan, kelangkapan surat-surat hingga batas kecepatan yang memiliki risiko kecelakaan. Kemudian, khusus driver, diwajibkan selalu menjaga fisik dalam kondisi prima saat berkendara.

Sementara itu, Kalla Transport & Logistics Cabang Balikpapan juga tengah menjalankan CSR “Kalla Translog Mengajar”. Lokasi pelaksanaan program berlangsung di SDPI Bani Mas’ud, Kampung Baru, Balikpapan. Mata pelajaran yang diajarkan karyawan Kalla Transport & Logistics adalah Bahasa Arab dan Bahasa Inggris.

SDIP Bani Mas’ud tersebut merupakan sekolah gratis yang saat ini membuka kelas sampai kelas 4 SD. Lokasinya tidak jauh dari pinggir laut. Aksesnya cukup terbatas karena hanya bisa dilalui dengan berjalan kaki atau sepeda motor.

“Kita maksimalkan mengajar satu kali dalam sebulan. Materinya dasar-dasar bahasa Arab dan vocabulary bahasa Inggris. Kita juga sekaligus bagi-bagi buku yang ditulis Prof Azhar Arsyad, mantan Rektor UIN Alauddin, sebagai bahan ajar kepada murid,” ungkap Muhammad Agus, Branch Manager Kalla Transport & Logistics.

Selain itu, ada pula CSR pengolahan ban bekas menjadi perabot, seperti kursi, meja hingga pot. Selama ini, barang-barang bekas hanya dikelola sendiri oleh internal karyawan Kalla Transport & Logistics atau diserahkan ke perusahaan terkait.

“Ke depan, kita akan berkolaborasi bersama UMKM untuk melaksanakan CSR pengelolaan barang bekas ini. Kita bahkan bisa bantu sampai transportasi distribusinya. Program CSR lainnya ialah Kalla Translog Berbagi, seperti baru-baru ini kita telah membantu korban kebakaran di Klandasan Ulu,” ujar Agus.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru