inilah.id

Demo di Balaikota Makassar Sempat Ricuh, Desak Gelar Pemilihan Ketua RT/RW

Demo di Balaikota Makassar

Makassar, Inilah.ID – Aksi unjuk rasa berlangsung di depan kantor Balaikota, Jalan Ahmad Yani Makassar pada Rabu (2/11/2022).

Mereka mengatasnamakan Aliansi eks RT/RW Bersatu Makassar bersama Forum Honorer, Pensiunan PDAM dan didampingi Laskar Merah Putih.

Terpantau, sempat terjadi kericuhan. Ini bermula saat Polisi yang berjaga mencoba merampas ban bekas yang akan dibakar massa.

Tindakan tersebut memicu ketegangan dan perang mulut. Kericuhan baru dapat diredam setelah komandan petugas melerai.

“Biarkan dibakar kita sudah ada izin disini, ini wujud kemarahan rakyat,” teriak salah satu massa, Rabu (2/11/2022)

Orator, Samsir Saeni di atas mobil tronton membacakan tuntutan. Kedatangannya, menyikapi kebijakan pemerintah yang telah mewacanakan akan menunda pemilihan ketua RT/RW pada tahun 2024.

“Tidak mengikutkan tenaga honorer yang sudah mengabdi selama bertahun-tahun didalam pendataan non ASN serta tidak dilakukannya pembayaran tunjangan hari tua kepada para Pensiunan PDAM Makassar,” katanya melalui pengeras suara.

Massa menduga terjadi penyimpangan. Kebijakan yang dikeluarkan pemerintah dianggap terjadi praktek KKN.

“Ini patut kita curigai,” jelasnya.

Massa menuntut pemerintah segera melaksanakan pemilihan ketua RT/RW dengan teknis penyelenggaraan konvensional dan membatalkan sistem atau mekanisme pemilihan menggunakan e-Voting.

“Kami meminta Walikota Makassar untuk mengikut sertakan tenaga honorer yang sudah mengabdi bertahun-tahun dalam pendataan non ASN,” katanya.

Mereka juga menolak kehadiran pegawai kontrak baru, yang dinamai pemerintah Laskar Pelangi. Hal ini dianggap bertentangan dengan aturan Menpan-RB.

“Menuntut pembayaran pensiunan atau berupa tunjangan hari tua atau tunjangan program kesejahtraan karyawan PDAM yang berakhir sejak tahun 2019,” tutupnya.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru