inilah.id

DPPKB Hadirkan DASHAT di Makassar Cegah Stunting

Chaidir, Kepala DPPKB Makassar

Makassar, Inilah.ID – Penyakit yang membuat pertumbuhan anak menjadi terhambat atau stunting menjadi perhatian serius pemerintah.

Olehnya, baru saja meluncurkan Dapur Sehat Atasi Stunting (DASHAT). Program ini untuk menjamin kesehatan tumbuh kembang generasi di Makassar.

Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB), Chaidir mengatakan, program tersebut bertujuan agar masyarakat dapat lebih diberdayakan dalam pemenuhan gizi seimbang.

“Deputi BKKBN pusat yang hadir melaunching DASHAT di Kelurahan Karuwisi, Kecamatan Panakukang pada 17 Oktober 2022 lalu. Itu adalah dapur sehat stunting,” ujarnya.

Sasaran utama yaitu keluarga yang berisiko stunting, seperti ada ibu hamil. Tujuannya, agar mereka paham sehingga mempercepat penurunan angka stunting.

“Ini merupakan embrio atau janin kira memperbanyak dashat di kecamatan lain untuk percepatan stunting di Makassar,” jelasnya, Kamis (20/10/2022).

Chaidir menambahkan, program DASHAT berfokus menyediakan gizi seimbang mulai dari karbohidrat, protein, lemak dan lainnya.
Selain itu, fokus menyasar ibu usia produktif di lorong wisata. Ini merupakan penanganan dan pencegahan stunting yang dimulai dari lorong.

“Di dalamnya keluarga diberi pendampingan untuk dapat memenuhi kebutuhan pangan bergizi secara mandiri,” tutupnya.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru