inilah.id

DPPKB Makassar Sosialisasi Inpres, Wujudkan Sumber Daya Masyarakat Berkualitas

Dppkb Makassar Sosialisasi Inpres

Makassar, Inilah.ID – Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) menggelar Sosialisasi Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Penyelenggaraan Kampung Keluarga Berkualitas (KB).

Kegiatan sosialisasi itu digelar di Hotel Karebosi Primer, Kota Makassar, pada Jumat (25/11/2022). Ini menghadirkan narasumber ketua Komisi D DPRD Makassar, Andi Hadi Baso dan Widyaiswara BKKBN Sulsel, Akmal.

Kepala DPPKB Makassar, Chaidir mengatakan pihaknya mengundang setiap perwakilan kampung KB di sektor kelurahan dan kecamatan hingga para tokoh masyarakat lainnya.

“Jadi kampung KB ini adalah satuan wilayah setingkat desa dan kelurahan yang terdapat integrasi dan konvergensi penyelenggaraan pemberdayaan dan penguatan institusi keluarga dalam seluruh dimensinya guna meningkatkan kualitas sumber daya manusia, keluarga, dan masyarakat,” ungkap Chaidir.

Dia menyebut Kampung KB saat ini mulai berkembang pesat di Makasar dengan berbagai program pelatihan dari cara bagaimana mengurus anak, produktif selama memiliki anak ,bahkan di kota ini ada peserta kampung KB tidak memiliki pekerjaan.

“Jadi yang ikut pelatihan yang di gelar di kampung KB kini tentu bisa menjadi wirausaha dengan menjual kue-kue kering,” tuturnya.

Di tempat yang sama, Widyaiswara BKKBN Sulsel, Akmal menungkapkan bahwa kampung KB di kota Makassar sudah ada yang bisa dijadikan percontohan. Sebab, kampung KB ini berbeda dengan kampung KB di wilayah lain di Sulawesi Selatan lainnya. Kampung KB itu yakni Pannambu yang ada di Desa Pannambu, Kecamatan Tallo.

“Jadi kampung KB Pannambu ini tidak saja menarik tetapi kini menjadi salah satu kampung percontohan tingkat nasional di Indonesia,” ungkapnya saat memberi materi dalam sosialisasi tersebut.

Dia menyebut bahwa program kampung KB di Indonesia terus mengalami perkembangan yang berarti disejumlah daerah salah satunya di Sulawesi Selatan tepatnya wilayah kota Makasar dikenal  menarik dan unik.

Akmal pun mengungkapkan program Kampung KB di Sulawesi Selatan tidak saja mampu bisa membatasi jumlah anak ,tetapi juga mampu meningkatkan perekonomian masyarakat.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru