inilah.id

DPPPA Makassar Minta Orang Tua Edukasi Anak Sejak Dini, Waspadai Kejahatan Seksual

Achi Sulaiman, Kepala DPPPA Makassar

Makassar, Inilah.ID – Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Makassar, Achi Sulaiman meminta para orang tua untuk mengedukasi anak sejak dini.

Hal ini untuk mewaspadai pelaku kejahatan seksual dan pedofil. Seperti dilarang buka baju di depan umum dan jangan berbicara dengan orang asing

“Kalau anak sudah bicara, perlu diedukasi di mulai dari hal kecil,” ujarnya saat ditemui di kantornya, Jumat (22/12/2023).

Dia menekankan pentingnya peran orang tua, termasuk juga perlu menjalin komunikasi yang lebih terbuka dengan anak-anak agar dapat mendeteksi secara dini jika anak beresiko atau terpapar kejahatan seksual.

“Era digital sekarang, ada anak yang diajak telanjang di depan kamera melalui video call. Bisa dicegah ini melalui edukasi,” jelasnya.

Achi menambahkan, di era digital yang serba teknologi canggih seperti saat ini, anak dengan cepat dan bebas dapat mengakses media di berbagai aplikasi tanpa bimbingan orang tua.

Olehnya, pendidikan seksual berguna untuk mencegah anak melakukan aktivitas seksual yang tidak benar. Selain itu dapat mencegah anak tidak terkejut saat masuk usia pubertas, dan hal ini bisa mendorong anak menjaga organ reproduksinya, mencegah kehamilan usia dini serta mencegah terjadinya pelecehan seksual.

“Pendidikan seksual penting supaya anak bisa menjaga martabatnya,” tutupnya.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru