inilah.id

DPRD Makassar Gelar Diskusi Bertajuk Sinergitas Media dan Legislatif

Diskusi Bertajuk Sinergitas Media dan Legislatif

Makassar, Inilah.ID – Bagian Humas dan Protokol DPRD Kota Makassar menggelar diskusi publik bertajuk sinergitas media dan legislatif.

Kegiatan menghadirkan perwakilan media cetak, elektronik dan online di Sandeq Ballroom Hotel Claro Makassar pada Senin (20/2/2023).

Ketua DPRD Kota Makassar, Rudianto Lallo membuka kegiatan secara resmi. Dalam sambutannya menyampaikan legislatif mempunyai banyak kegiatan kedewanan, dalam setahun ada empat.

Kegiatan yang dimaksud seperti konsultasi publik, reses, sosialisasi peraturan daerah, dan kunjungan daerah pemilihan (Dapil).

“Dalam kegiatan ini, DPRD Kota Makassar bisa bertemu dengan konstituen,” ujarnya.

Olehnya, dia menekankan peran media sangat strategis bagi DPRD Kota Makassar secara kelembagaan dan masyarakat yang butuh informasi atas kerja yang dilakukan anggota dewan.

“Saya selalu menganalogikan kegiatan legislatif tanpa pemberitaan media itu bagaikan makan tanpa minum. Begitu pentingnya bersinergi dengan pers, apalagi di era digital,” ungkap Legislator Nasdem dua periode ini.

Diskusi juga menghadirkan narasumber Pemerhati Media Sukriansyah Latif dan Plt Kepala Dinas Kominfo Makassar, Ismawaty Nur.

Diketahui, era digitalisasi saat ini tentu membuat kehidupan masyarakat membutuhkan informasi lewat jejaring sosial terkait bagiaman fungsi wakil rakyat.

Khususnya dalam menjalankan fungsi-fungsi kedewanan dan bagaimana para anggota dewan menyerap serta mengawal aspirasi masyarakat selama ini.

Tantangan tersebut membutuhkan dukungan media agar tiga fungsi yang dimiliki anggota dewan yaitu fungsi penganggaran, pengawasan dan legislasi atau membuat undang-undang.

“Karena itulah kita gelar ini, agar setiap program dan fungsi yang dijalankan anggota dewan bisa langsung tersampaikan ke masyarakat,” tutup Rudianto.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru