inilah.id

Hotel dan Resto Sumbang Investasi Terbesar di Makassar Capai Rp1,5 Triliun

Zulkifli Nanda, Kepala DPM PTSP Kota Makassar

Makassar, Inilah.ID – Sektor hotel dan restoran menjadi penyumbang investasi terbesar di Kota Makassar.

Seperti diungkap Zulkifli Nanda, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Makassar. Dia mengatakan, kontribusi bidang itu mencapai Rp1,5 triliun lebih pada 2022 lalu dan lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kalau dilihat yang paling tinggi realisasi investasi sekarang di Kota Makassar hotel dan restoran, susah menyentuh Rp1,5 triliun dalam satu tahun,” ungkapnya saat ditemui, Kamis (9/3/2023).

Dia menyebutkan, realisasi investasi secara total pada 2022 lalu mencapai Rp3,9 triliun. Angka tersebut mengalami penurunan dibanding tahun 2021.

“Di 2022 tidak ada PSN sehingga menurun, tapi kalau dilihat yang paling tinggi realisasi investasi sekarang di Kota Makassar hotel dan restoran,” jelasnya.

Meski demikian, Zulkifli menambahkan realisasi investasi Makassar masih tetap yang terbesar jika dibanding daerah lainnya di Sulawesi Selatan.

Olehnya, iklim investasi yang sangat bagus. Dimana membuat para pengusaha dan pemodal berani untuk menyiapkan modal berinvetasi di Makassar khususnya di sektor Hotel dan Restoran.

“Ini karena pertama adalah letak geografis Makassar yang strategis, keamanaanya juga bagus, infrastrukturnya bagus, kemudian banyak yang datang ke Makassar karena ada bandara internasion, pelabuhan,” ujar Kadis PTSP itu.

“Banyak faktor lah baik itu perlistrikannya, sarana dan prasarana untuk membuat para pengusaha datang ke sini serta mengenai perizinanya yang sangar mudah sehingga banyak investor yang mau menanamkan modalnya khususnya hotel dan restoran,” jelasnya.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru