inilah.id

Jokowi Sindir Posyandu Kurang Tanggap Tangani Bayi Diberi Kopi di Gowa

Joko Widodo (Jokowi), Presiden RI

Jakarta, Inilah.IDPresiden RI, Joko Widodo (Jokowi) menanggapi kasus bayi diberi minum kopi saset oleh ibunya di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan.

“Ramai di media sosial, ada bayi usia 7 bulan diberi minum kopi susu sachet oleh ibunya. Anaknya sih mau, tapi tidak boleh. Tubuh bayi belum kuat,” ujarnya seperti dikutip dari twetnya, Rabu (25/1/2023).

Dia kemudian memuji peran kepolisian yang bertindak lebih dulu. Informasi yang diterima, disampaikan saat memberi arahan di Rakernas Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Pusat di Jakarta Timur, Rabu (25/1/2023).

“Sehingga yang saya baca, polisi menemui orang tua bayi, tapi seharusnya yang bener mestinya kader posyandu, kader dari BKKBN yang datang ke sana,” kata Jokowi.

Jokowi mengapresiasi reaksi Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dan jajarannya yang mendatangi ibu bayi tersebut. Menurutnya, kader posyandu baru bertindak ketika aparat kepolisian memberi perhatian.

“Karena kecepatan Kapolri mungkin. Karena reaksiKapolri cepet, maka dateng lebih cepet dari kader,” paparnya.

Presiden juga menegaskan agar kasus bayi berusia 7 bulan yang diberi minum kopi oleh ibunya tidak terulang. Dia ingin asupan makanan dan gizi anak diperhatikan demi menjamin tumbuh kembangnya.

“Jangan sampai… bayi atau ibu hamil harus diberi protein, diberikan ikan, diberi telur, saya lihat kemarin yang rame bayi baru 7 bulan diberi kopi susu saset. Kopi susu saset oleh ibunya,” ujar Jokowi.

Menurut Jokowi, ibu bayi sudah salah mengira susu dalam kopi tersebut mengandung protein yang baik untuk anaknya. Padahal hal itu tidak baik sebagai minuman yang dikonsumsi seorang bayi.
“Karena yang ada di bayangan di sini adalah susu. Gitu loh. Anaknya mau diberi susu. Hati-hati mengenai ini,” tegasnya.

Jokowi menekankan pentingnya edukasi bagi masyarakat mengenai makanan untuk anak. Dia mengatakan tubuh anak belum siap jika diberi minuman kopi.

“Oleh sebab itu, sekali lagi, yang namanya penyuluhan, penyuluhan, penyuluhan penting. Karena kata ibunya bermanfaat, bermanfaat, kopi susu saset ini karena ada susunya. Hati-hati,” imbuhnya.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru