inilah.id

KALLA Sukses Berikan Pengalaman Dunia Kerja Bagi Peserta Kampus Merdeka

Kegiatan Kalla Internship Program

Makassar, Inilah.ID – Kalla Internship Program sukses berkolaborasi bersama Kampus Merdeka pada periode Agustus sampai Desember 2022.

Kolaborasi ini merupakan program dari kementrian Pendidikan dan Kebudayaan yang bertujuan dalam mendorong mahasiswa mendapatkan informasi dan pengalaman yang berguna untuk memasuki dunia kerja.

Program kolaborasi Kalla Internship Program dan Kampus Merdeka berfokus pada pengembangan kapasitas mahasiswa magang yang terdiri dari soft maupun hard competency yang dibutuhkan pada dunia kerja. Sehingga melalui kegiatan ini diharapkan dapat mengurangi competency gap yang terjadi diantara dunia kampus dan dunia kerja.

Mentor yang diberikan KALLA juga berasal dari managerial level dengan pengalaman 5 tahun dan memiliki kompetensi developing others dan leadership yang mumpuni.

Yulia Herman selaku Marketing Research & Customer Insight Dept. Head menjadi salah satu mentor yang berdedikasi dalam projek

“Strengthen Research Role to Increase Customer Satisfaction and Comprehensive Decision Making” mengungkapkan bahwa program kolaborasi ini adalah bagian dari implementasi misi KALLA dalam pengembangan sumber daya manusia yang unggul.

“Kami berharap telah membekali mahasiswa intern kemampuan untuk mengatasi tantangan dunia kerja seperti mengerjakan proyek improvement/inovasi, bekerja dalam team work yang kompleks, adaptif dan produktif bekerja sesuai budaya perusahaan, juga mengenalkan bentuk komunikasi organisasi,” tambahnya.

Bekal kepada yang diberikan berimbang antara hard dan softskills yang pada waktunya nanti mereka masuk ke dunia kerja akan mudah berakselerasi dgn tantangan dunia kerja yang tidak seindah teori dibangku kuliah.

Sebanyak 74 intern telah bergabung bersama KALLA dengan berbagai rangkaian rekrutment, diantaranya seleksi administratif, online assessment, interview dengan human capital dan user, serta medical check up.
Seluruh peserta intern mendapatkan welcome kit berupa greeting card, id card, lanyard. t-shirt, sticker dan totebag. Selain itu juga menjalankan berbagai aktifitas yang menarik diantaranya, onboarding & orientation, mandatory training, monitoring & evaluation, serta graduation & offboarding.

Kalla Internship Program bersama Kampus Merdeka juga menggunakan framework experiential learning, dimana setiap mahasiswa magang akan diarahkan untuk merancang solusi dan mendapatkan insight melalui cycle process (concrete experience, reflective, observation, abstract conceptualization dan active experimentation).

Para peserta intern telah mengerjakan project sesuai dengan job vacancy yang dipilih untuk mengasah soft dan hard skills dari setiap intern. Selain itu, setiap intern juga memiliki sesi coaching ke masing-masing mentornya yang bertujuan mendukung pembelajaran intern demi membantu mereka dalam meraih pencapaian pribadi atupun pencapaian secara profesional.

Rahardi sebagai salah satu intern yang merupakan mahasiswa Ilmu Hubungan Internasional Universitas Pertamina turut menyampaikan kebahagiaan dan rasa bangganya menjadi bagian dari program ini.

Terutama saat mendapatkan pengalaman mengerjakan proyek rill perusahaan secara strategis. Sebab tidak hanya dituntut untuk cakap secara teori saja melainkan juga perlu cakap secara praktik .

“Selama mengikuti rangkaian kegiatan yang ada di Kalla, saya merasa penanaman nilai-nilai jalan kalla seanantiasa terimplementasi dengan baik. Bahkan seluruh staff dan karyawannya sangatlah welcome dalam mendidik serta mengarahkan, terutama pada transfer knowledge di dunia kerja,” ungkapnya.

Setiap intern yang menyelesaikan keseluruhan program magang diberikan penghargaan pada kegiatan graduation yang juga dirangkaikan dengan gala dinner bersama board of director KALLA.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru