inilah.id

Kecamatan Bontoala Usulkan 70 Lorong Jadi Longwis di 2023

Camat Bontoala, Arman petik cabe di lorong wisata

Makassar, Inilah.ID – Sebanyak 70 lorong di Kecamatan Bontoala, Makassar diusulkan untuk masuk dalam program lorong wisata (Longwis) di tahun 2023 ini.

Lokasinya tersebar di 12 kelurahan. Seperti disampaikan Camat Bontoala, Arman saat dikonfirmasi pada Kamis (19/01/2023).

Dia mengatakan langkah ini untuk menyukseskan program strategis pemerintah kota yang digagas Wali Kota Makassar, Danny Pomanto dan Wakil Wali Kota Makassar Fatmawati Rusdi.

“Di 2023 ini kami mengusulkan sebanyak 70 lorong dari 12 kelurahan untuk dijadikan lorong wisata. Usulan ini sudah disampaikan kepada Pemerintah Kota Makassar. Optimis program lorong wisata sukses terlaksana dan bermanfaat di wilayah kami,” katanya.

Menurutnya, puluhan lorong yang diusulkan telah melalui proses tahap penilaian dari setiap kelurahan. Seperti di antaranya potensi wisata, potensi ekonomi dan kesiapan warga dalam lorong mengembangkan lorong wisatanya.

“Setiap lorong yang telah diusulkan mempunyai potensi wisata dan potensi ekonomi warga. Tidak kalah penting adalah kesiapan warga mengembangkan lorongnya,” tambahnya.

Sebelumnya, Lurah Bontoala Parang Ani mengatakan, tujuh jalan setapak dengan luas, potensi dan keunikan berbeda-beda telah diusulkan masuk dalam program lorong wisata di tahun ini.

Jalan setapak yang diusulkan masuk sebagai lorong wisata yaitu, Jalan Diponegoro Lorong 130 RT 01-RW 02 bernama Cotico, Jalan Satangnga di RT 004-RW 001 bernama Parla, Jalan Satangnga di Lorong 181 RT 002-RW 03 dan RW 001 bernama Alzira, Jalan Satangnga RT 003-RW 001 bernama Soria.

Kemudian Jalan Pajenekang Lorong Buntu RT 002-RW 003 berama Denis, Jalan Laiya Lorong Basket RT 001-RW 003 bernama Braga dan terkahir Jalan Diponegoro di Lorong 131 RT 01-RW 01 bernama Adra.

“Semua lorong yang diusulkan telah kami tinjau dari aspek pelaku UMKM dan potensi wisatanya,” ujarnya.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru