inilah.id

Ojol Day Diluncurkan, Wali Kota: Upaya Kendalikan Inflasi akibat Kenaikan BBM

IMG-20220920-WA0029

Makassar, Inilah.ID – Ojol day resmi diluncurkan pemerintah setempat pada Selasa (20/9/2022).

Program diawali oleh Wali Kota Makassar, Danny Pomanto dengan berangkat kerja menggunakan ojek online.

Dia terlihat memesan langsung melalui aplikasi smartphone miliknya. Rute yaitu dari kediaman pribadinya, jalan amirullah ke kantor Balaikota Makassar, jalan Ahmad Yani. Layanan dari gojek dan menariknya diantar dengan motor listrik.

Danny mengatakan, program ini sebagai upaya mengendalikan inflasi akibat kenaikan Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) subsidi.

Ojol day akan diterapkan seminggu sekali sesuai dalam surat edaran. Aturannya, pegawai pemerintah diimbau menggunakan jasa ojol dan tidak menggunakan kendaraan dinas atau pribadi untuk berkantor.

“Sekali seminggu kita coba dulu, sambil kita pikirkan apa yang menjadi kekurangan,” katanya.

Dia menyakini langkah tersebut akan berdampak terhadap pengurangan penggunaan energi fosil. Selain itu, mengurangi kemacetan dan penggunaan lahan parkir.

Wali Kota menyadari programnya masih perlu disempurnakan. Pihaknya menanggapi kritikan dan keluhan dari angkutan kota atau pete-pete karena dianggap diskriminasi.

Dia mengatakan, akan tetap mengupayakan penggunaan transportasi lain. Caranya, dengan rencana menaikkan tarif parkir sehingga warga memilih menggunakan angkutan umum seperti pete-pete, becak motor (bentor) dan lainnya.

“Apa yang kita lakukan adalah mengurangi penggunaan BBM, 22.800 pegawai kota Makassar kalau satu hari tidka naik mobilnya sendiri maka dia bisa hemat 2 sampai 5 liter, coba kita kali 22.800 kali lima liter berarti 100 ribu liter kita bisa lakukan penghematan,” jelasnya.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru