inilah.id

Pendaftaran Anggota KPU untuk 11 Kabupaten/Kota di Sulsel Dibuka

Timsel saat konfrensi pers di kantor KPU Sulsel

Makassar, Inilah.ID – Pendaftaran seleksi calon anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk 11 kabupaten/kota di Provinsi Sulawesi Selatan resmi dibuka.

Juru bicara Timsel 1 Muhammad Al Jebra Al Iksan Rauf mengatakan seleksi terbuka untuk seluruh masyarakat. Masa pendaftaran yaitu mulai 6 sampai 12 Maret 2023.

Mengenai syarat dan ketentuan pendaftaran selengkapnya, bisa diakses melalui aplikasi SIAKBA (Sistem Informasi Anggota KPU dan Badan Adhoc).

“Persyaratan dapat diakses di situs siakba. Kalau tidak ada seperti berbadan sehat, bebas narkoba dan tidak pernah dipidana itukan tidak termuat. Itu dapat diurus nanti,” katanya saat konfrensi pers di aula kantor KPU Sulsel, Jalan Andi Pangeran Pettarani Makassar, Senin (6/3/2023).

Dia menyebutkan untuk kuota pendaftar calon komisioner di 11 daerah maksimal 100 orang tiap KPU kabupaten kota di Sulsel.

Kouta tersebut merupakan 20 kali kebutuhan. Jumlah selanjutnya terus berkurang seiring tahapan hingga akhirnya tersisa 2 kali kebutuhan atau sebanyak 10 orang calon.

“Koutanya inikan punya tahapan, kalau administrasi itu akan seleksi 20 kali kebutuhan yaitu 100 orang dan selanjutnya 4 kali kebutuhan dan akhir 2 kali kebutuhan, itulah serangkaian kouta,” jelasnya.

Timsel kemudian memutuskan hasil tersebut dan diserahkan ke KPU Provinsi Sulawesi Selatan untuk diputuskan lima orang menjadi anggota KPU.

“Hasil ini kita akan serahkan ke KPU Pusat lewat KPU Provinsi,” sambungnya.

Diketahui, KPU membentuk dua tim seleksi calon anggota KPU Daerah di 11 kabupaten/kota di Sulsel. Timsel 1 meliputi wilayah kerja Kabupaten Barru, Gowa, Bone, Bulukumba, Luwu Timur dan Luwu Utara.

Sementara Timsel 2 meliputi wilayah kerja Kabupaten Maros, Pangkajene Kepulauan (Pangkep), Soppeng, Tana Toraja, dan Toraja Utara.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru