inilah.id

PJI Sulsel Gelar Pasar Murah dan UMKM Jurnalis di Makassar

PJI Sulsel saat Temui Disdag Makassar

Makassar, Inilah.ID – Perhimpunan Jurnalis Indonesia (PJI) Sulawesi Selatan menggelar Pasar Murah dan UMKM Jurnalis.

Rencana berlangsung di pelataran parkir kantor Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kota Makassat (gabungan dinas) di Jalan Urip Sumohardjo, Makassar. Berlangsung selama dua hari dan dimulai 15 hingga 16 April 2023.

Kegiatan pasar murah dengan menyediakan bahan pokok pangan seperti beras, gula pasir dan minyak goreng, jadi alternatif upaya pencegahan dampak inflasi pada bulan Ramadan. Pasar murah menyasar pekerja media, tenaga honorer atau Laskar Pelangi dan warga membutuhkan.

Dalam satu paket sembako hanya dibanderol Rp67.000. Adapun jumlah paket yang disediakan di hari pertama sebanyak 100 paket.

Ketua Panitia Arif Al Qadri mengatakan, kegiatan pasar murah dan UMKM ini digelar selain membantu memenuhi kebutuhan pokok, juga sekaligus menjawab kecemasan di masyarakat utamanya dari pekerja media, tenaga laskar pelangi, buruh maupun warga terhadap ancaman kenaikan harga menjelang hari raya Idulfitri.

“Kami menyediakan ratusan paket bahan pokok dengan harga terjangkau. Kegiatan pasar murah ini, PJI Sulsel kerja sama dengan Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disdag) serta Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Makassar,” ungkapnya.

Sebagai langkah mengantisipasi pembelian paket dengan jumlah besar serta mencegah terjadi praktik penimbunan, panitia benar-benar membatasi setiap pembelian. Apalagi kuota paket disediakan terbatas sesuai yang disalurkan dari Disdag Makassar.

“Tentunya kami berusaha agar paket yang disediakan ini secara merata diterima kepada orang yang tepat. Kami harapkan teman pekerja media, laskar pelangi dan warga bisa datang lebih awal. Kegiatan dibuka dari Pukul 10.00 sampai 15.00 WITA,” imbuhnya.

Selain pasar murah kegiatan ini juga melibatkan UMKM, baik dari kalangan jurnalis maupun umum, bertujuan membantu pelaku usaha mendapat akses berjualan scara gtatis.

Ketua PJI Sulsel Syafril Rahmat menambahkan, pasar murah terlaksana atas dukungan sejumlah pihak, yakni Bapenda Makassar dan Disdag Kota Makassar.

“Pasar Murah dan UMKM Jurnalis PJI Sulsel terlaksana atas dukungan pihak Pemkot Makassar. Pasar murah dan UMKM ini merupakan kegiatan sosial yang nantinya akan kita programkan setiap bulan suci Ramdan,” ucap Ariel, sapaan akrab Ketua PJI Sulsel.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru