inilah.id

Siapkan Rp15 miliar atasi Inflasi di Sulsel, Digunakan untuk Ini

IMG-20221012-WA0013

Makassar, Inilah.ID – Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan mengambil langkah strategis untuk mengatasi dampak inflasi.

Salah satunya dengan menyiapkan anggaran sebesar Rp15 miliar. Acuannya, pada aturan yang tercantum dalam Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 134/PMK.07/2022 tentang Belanja Wajib dalam Rangka Penanganan Dampak Inflasi Tahun Anggaran 2022.

Rincian penggunaan untuk bantuan sosial Rp 2 miliar, penciptaan lapangan kerja Rp10,5 miliar dan subsidi transportasi umum Rp2,5 miliar.

Kepala BKAD Sulsel, Muhammad Rasyid mengatakan, Pemprov Sulsel melakukan beberapa langkah dalam mengatasi dampak inflasi.

“Atas arahan bapak Gubernur, bapak Andi Sudirman Sulaiman, Pemprov melakukan beberapa langkah dalam mengatasi inflasi. Fokus utamanya, bagaimana penciptaan lapangan pekerjaan,” jelasnya saat rakor pengendalian inflasi di Makassar, Selasa (11/10/2022).

Penciptaan lapangan kerja ini, kata dia, dilakukan dengan padat karya dalam beberapa pekerjaan ruas jalan Provinsi di Sulsel.

“Bapak Gubernur terus mendorong bagaimana program padat karya, yang bisa menyentuh dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat,” tuturnya.

Terkait dengan Bantuan Subsidi transportasi sementara dilakukan verifikasi terkait kelengkapan berkas perusahaan termasuk rencana selisih kenaikan tarif dari angkutan antar kabupaten khususnya kelas ekonomi. “Untuk subsidi transportasi ini akan menyasar bagi angkutan umum antar kabupaten yang melayani kelas ekonomi,” ujarnya.

“Untuk bantuan sosial, juga sementara dilakukan verifikasi calon penerima bansos sesuai data DTKS Kemensos,” ucapnya.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru