inilah.id

Wali Kota Makassar Anggap BLT Ringankan Beban Warga atas Kenaikan BBM

Danny Pomanto, Wali Kota Makassar

Makassar, Inilah.ID – Wali Kota, Danny Pomanto merespon kebijakan pemerintah menaikkan harga bahan bakar minyak (BBM) bersubsidi. 

Dia mengatakan, keputusan itu bisa meringankan beban ekonomi warga. Hal itu karena dibarengi pencairan bantuan langsung tunai (BLT).

“Justru kenaikan BBM itu justru meringankan (ekonomi warga). Kan dibarengi sama subsidi,” ujarnya, Senin (5/9/2022).

Danny menjelaskan, penyaluran bantuan cukup besar hingga mencapai total Rp500 triliun. Itu diberikan kepada masyarakat sebagai subsidi dan kompensasi energi.

“Bayangkan Rp 500 triliun ini. Subsidi BBM Rp 500 triliun, kalau itu dibagikan kepada masyarakat kan lebih banyak berguna,” tuturnya.

Menurutnya, pemberian subsidi itu lebih efektif. Terlebih selama ini BBM bersubsidi dalam penerapannya di lapangan kerap disalahgunakan oleh orang kaya atau kalangan ekonomi mumpuni.

“Makanya ditempuh oleh Pemerintah Pusat adalah lebih baik Rp 500 triliun ini diberikan kepada 600 ribu per KK (kepala keluarga), 20 juta yang mau dibagikan, lebih berguna daripada kita talangi BBM yang orang punya mobil, orang kaya,” urai Danny.

Namun Danny menegaskan, kebijakan Pemerintah Pusat ini atas wacana menaikkan harga BBM yang dibarengi rencana pemberian subsidi perlu dipahamkan ke masyarakat.

“Ini luar biasa sebenarnya, cuma memang perlu dipahami semua orang bahwa kenaikan ini untuk masyarakat banyak,” tutupnya.

Diketahui, pemerintah sebelumnya mengumumkan kenaikan harga BBM subsidi pada akhir pekan lalu. Salah satunya pertalite dari Rp7.650 per liter menjadi Rp10 ribu per liter.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru