inilah.id

Wali Kota Makassar Sidak Kehadiran ASN, Masuk Kerja 26 April Usai Libur Lebaran 2023

Pegawai saat upacara di Balaikota Makassar

Makassar, Inilah.ID – Wali Kota Makassar, Danny Pomanto bakal melakukan inspeksi mendadak (sidak) kehadiran Aparatur Sipil Negara (ASN).

Hal ini saat hari pertama kerja usai libur lebaran 2023. Diketahui, pegawai kembali mulai aktif bekerja pada 26 April 2023.

“Sidak dilakukan oleh pimpinan (walikota) untuk melihat kondisi real (nyata),” kata Akhmad Namsum, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Makassar.

Dia memastikan akan melakukan pengawasan secara langsung. Pegawai wajib kembali masuk dan bekerja produktif usai melakukan libur cuti bersama pada periode 19 sampai 25 April lalu.

“Jadi setelah libur cuti bersama kerja kami di bkpsdm lakukan pengawasan mengenai kehadiran itu,” jelasnya saat dikonfirmasi belum lama ini.

Namsum menegaskan bagi ASN yang tidak masuk kantor tanpa keterangan, akan dikenakan sanksi sesuai dengan aturan yang telah ditetapkan.

Sanksi yang diberikan tersebut bisa berupa teguran lisan, teguran tertulis atau sanksi lainnya yang diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 94 Tahun 2021 tentang Disiplin Pegawai Negeri Sipil.

“Diharap hari pertama masuk, tidak menambah cuti,” sambungnya.

Menurutnya, para ASN tersebut wajib kembali bekerja pada waktu yang telah ditentukan. Kecuali yang sudah mengajukan cuti, sakit dan lainnya.

“Kecuali dalam kondisi tidak dapat dihindari seperti sakit dan lainnya,” tutupnya.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru