inilah.id

Warga Makassar Sebut Polisi RW Punya Andil Penting

Polisi RW

Makassar, Inilah.ID – Belum lama ini Kepolisian Republik Indonesia (Polri) resmi melantik Polisi RW atau Polisi Jaga Warga untuk sejumlah wilayah dan beberapa kota besar. Gagasan tersebut dituang kan langsung oleh Kepala Badan Pemelihara Keamanan (Kabaharkam) Polri Komisaris Jenderal Polisi Fadil Imran.

Respon tersebut disambut baik oleh Eks Napiter, Muchtar Daeng Lau asal Makassar. Menurutnya Polisi RW merupakan sebuah program dari pemerintah yang bertujuan sebagai pemeliharaan keamanan dan ketertiban masyarakat atau Harkamtibmas yang akan dilaksanakan di lingkup wilayah terkecil.

Fungsi dan tugasnya nantinya Polisi RW akan bekerja sama dengan seluruh elemen masyarakat. Adapum peran Polisi RW ini akan bersinergi dengan Kapolsek, Bhabinkamtibmas, serta Babinsa utamanya terkait informasi.

“Tugasnya adalah bagaimana dapat mewujudkan RW yang sejuk dan aman dengan security assesment,” jelasnya.

Lebih jauh menurut nya, RT/RW sendiri merupakan ujung tombak perangkat yang paling urgent dalam melakukan pemetaan terhadap lingkungan sekitar. “Perangkat ini sangatlah umum, apalagi menggagas konsep kekeluargaan yang harmonis,”terangnya.

Sebagaimana diketahui, Program pemerintah kota makassar sendiri mengaktifkan perangkat RT/RW dalam menciptakan situasi kamtibmas. “Ini juga berbanding lurus dengan program pemerintah kota Makassar. Mana kala baiknya sejalan dengan program – program pemerintah,”bebernya.

Bagikan Artikel

Berita Terbaru